aku menjadi "Tong Sampah" mungkin karena aku begitu baik, apa mungkin begitu bodoh?? , menjadi "Tong Sampah" pun aku merasa senang. Kamu, Dia, Kalian dan Mereka rela berbagi denganku... lop u all :)

Minggu, 13 Februari 2011

Assalamu’alaikum..
Apa kabarnya kalian semua? Pakai baju pink hari ini?
Tanpa harus dikasi tau, kalian semua udah paling paham dari dulu. Tanggal 14 februari, langsung terpikir hari kasih sayang (Valentine), betul tidak? Gimana dengan kalian, ikut merayakan? Bagi cokelat nya dong, hehe..
Hmm.. bukan bermaksud menggurui atau sebagainya, tapi apa salahnya kita sedikit kembali mengingat apa itu Valentine, untuk apa, gimana sejarahnya. *walaupun udah pada tau semua sih.. yuk kita belajar lagi sama-sama!

Menurut ceritanya nih , Valentine Day adalah sebuah penghormatan terhadap seorang yang bernama Valentine yang melakukan penolakan kebijakan Claudius II, yang melarang prajurit untuk menikah agar mendapatkan prajurit yang handal ketika perang, karena tidak terbebani dengan masalah cinta dan keluarga, namun Valentine tetap menikahkan pasangan yang ingin menikah dan mengikat janji suci. Akibat perbuatannya ia harus dipenjara dan dijatuhi hukuman mati. Namun sebelum dijatuhi hukuman mati, Valentine sempat menulis surat kepada gadis pujaannya yang terkenal sampai sekarang dengan judul "From Your Valentine". Hmm…
Nah, sekarang ini kontroversi masalah Valentine bukan hal aneh bagi kita. Ada yang memang secara keras  ANTI dengan Valentine Day, namun tidak sedikit  yang merayakan dengan alasan, bukan hanya dengan pasangan, namun bisa dengan sahabat, keluarga dan sebagainya. Yang menolak beranggapan bahwa, budaya barat yang diagungkan itu, tidak sesuai dengan kebiasaan budaya timur layaknya kita, apalagi ACEH. Terlebih kalau disangkut pautkan dengan agama islam yang melarang keras kita merayakannya, apalagi sejarah Valentine Day, sangat dekat dengan yang berbau kristiani. Hal ini mengakibatkan kita selaku muslim menjadi sesat. Namun disisi lain, yang mendukung menganggap keberadaan kasih sayang dan cinta, patut untuk diberi penghargaan pada hari itu.



Di Banda Aceh saja, tidak sedikit yang ikut merayakan Valentine. Mungkin salah satu dari mereka sedang membaca blog ini. Siapa saja boleh merayakannya, toh sampai sekarang tidak ada fatwa haram untuk memperingati Valentine Day bukan? Pemerintah pun tidak mempermasalahkan hal ini. Namun, sampai mana pengetahuan kita? Apa itu sesuai dengan ajaran islam? Apakah dianjurkan seperti itu? Kenapa kita terus menjadi manusia yang serba “ikut-ikutan”, orang lain merayakan, dan kita juga memaksa ikut merayakan tanpa tahu atas dasar apa kita merayakannya.

Bukan maksud menggurui, kita adalah orang-orang yang cerdas, memilih sesuatu atas dasar yang jelas. Kita Aceh, kental Syari’at Islam, kita seharusnya malu, melihat mesjid yang kosong saat perayaan Maulid Nabi mendatang. Luar biasa. Bagaimana dengan kalian? Kami yakin kalian lebih bijak memilih apa yang seharusnya dipilih. Semoga Allah menyelamatkan kita dari hal yang buruk, meskipun itu menyenangkan.
Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman: “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya akan diminta pertangggungjawabnya” (Al Isra’ : 36).

1 komentar:

echieychant mengatakan...

kereeeeeeeeennnn,
blogger pemula seperti kamu udah bisa nulis yang berisi seperti ini,
lha gue??
isinya ngebacol smua..

mantap mantap, teruskan lagi yiaa :)

perbanyak tulisannya,,
hwaitin' ^^

Posting Komentar